Senin, 28 Februari 2011

berobat fistula ani di Malaka

Fiuh,,lama sudah saya menderita penyakit fistula ani..ntah penyakit apa itu saya pun awalnya ga ngerti..cerita ini bermula sekitar pertengahan tahun 2009..awal mulanya ketika saya ngerasa buang angin kok ga dari jalur yang semestinya..makdusnya (maaf) dubur..lama kelamaan timbul ada buntilan mirip bisul di pantat bagian kanan..saya pun berpikir.."apa ini?"..saya pun mungkin berpikiran sama dengan para pengidap penyakit fistula ani pada umumnya.."ahh cuma bisul, bentar lagi juga hilang" begitu pikir saya..
Satu minggu, dua minggu sampe tiga minggu sesuatu yang saya anggap bisul ini ternyata tak kunjung hilang..dan bahkan sampai beberapa bulan bisul ini tetap bersemayam di pantat saya..sampai suatu hari tanggal 7 november 2009..terasa nyeri pada bisul itu..seperti membengkak dan meradang..saya pun mulai khawatir dengan keberadaan "bisul" ini..dan BOOM..setelah saya tekan sedikit ternyata begitu banyak nanah yang keluar..setelah  itu peradaangan terhadap "bisul" ini semakin sering terjadi..dan tentunya saya mulai khawatir.."apa benda ini??" pikir saya dalam hati..
Hingga saya memutuskan pergi kerumah sakit untuk mengetahui apa penyakit ini..setelah menjelaskan gejala yang saya alami dokter pun memeriksa dubur saya dan memvonis saya mengidap "FISTULA ANI".. saya bingung..penyakit apa itu? dokter pun menjelaskan ternyata di pantat saya tumbuh sebuah jaringan asing yang diakibatkan oleh adanya infeksi di bagian dalam anus yang menghasilkan nanah yang membutuhkan jalan untuk keluar dari dalam tubuh..dan menurut dokter jalan keluarnya adalah operasi..saya pun memikirkan apakah ada pengobatan lain untuk menyembuhkan penyakit ini selain operasi..setelah mencari referensi di internet,,saya selalu mendapatkan referensi untuk operasi..tapi di lain sisi saya puin tidak yakin karena ada banyak penderita yang bahkan telah dioperasi berulang kali tapi penyakitnya tak kunjung sembuh..akhirnya saya mencoba pengobatan alternatif..tapi apa yang saya dapatkan??ternyata bukannya berkurang tapi justru peradangan yang semakin intens yang saya alami..
Kalian pasti dapat membayangkan bagaimana jika punya penyakit yang tak kunjung sembuh..stres bukan? perasaan seperti itulah yang saya alami selama mengidap penyakit ini..sampai suatu hari teman ibu saya merekomendasikan kepada saya untuk berobat di sebuah rumah sakit di MALAKA. sebuah negara bagian di Malaysia.Memang negara kita memiliki berbagai sentimen dengan negara tetangga ini..tapi untuk mencari KESEMBUHAN, apapun tidak akan menjadi masalah..
Beliau merekomendasikan berobat kesana karena ternyata beliau juga dulu memunyai penyakit yang sama dengan saya dan telah berobat di banyak tempat tapi tidak kunjung sembuh,,dan suatu ketika beliau berkunjung ke MALAKA untuk melancong dan beliau mendapatkan rekomendasi untuk berobat di salah satu rumah sakit disana yaitu MAHKOTA MEDICAL CENTER HOSPITAL
Berangkatlah saya mencari kesembuhan kesana..dengan menumpang pesawat Air Asia saya mendarat di Kuala Lumpur dari Pekanbaru Riau. tiketnya klo ga salah 350 ribu..setelah mendarat di KLCC kuala lumpur saya langsung menuju ke Malaka dengan menggunakan bus transnasional yang ada di airport tersebut.se sampainya di Malaka, ternyata bus menurunkan saya tepat di depan rumah sakit, saya sempat bingung dimana akan menginap..ternyata ga usah kahawatir, di sekita rumah sakit banyak terdapat hotel mulai dari yang murah sampai dengan yang berbintang. besoknya saya pergi ke rumah sakit yang ada di sebelah hotel dan setelah mendaftar saya direkomendasi bertemu dengan dokter francis weng keong..yang ternyata  mendiagnosa saya dengan penyakit yang sama. besoknya saya diharukan operasi olehnya dan benar saja tanpa banyak menunggu saya esoknya langsung dioperasi oleh dokter francis..TANPA ADA MENDERITA SAKIT SEDIKITPUN..weew luar biasa pelayanan yang ditawarkan oleh rumah sakit ini..dan biaya yang dikeluarkan untuk berobat penyakit ini total sekita 3000 ringgit yang jika dikalikan ke rupiah sekitar 9-10 juta rupiah..harga yang saya pikir tidak terlalu mahal dengan pelayanan yang saya dapatkan disana walalupun mahal atau tidaknya suatu harga tentunya sangat relatif...
Alhamdulillah hingga sekarang penyakit saya tidak lagi kambuh (dan insya Allah jangan akan kambuh lagi) seperti yang dialami oleh sebagian orang yang telah menjalani beberapa kali operasi ternyata fistula aninya tetap saja kambuh..penulisan blog ini tidak untuk mempormosikan sebuah rumah sakit tertentu, tapi saya hanya ingin berbagi kepada sesama penderita fistula ani, semoga dengan adanya blog ini mendapatkan pencerahan mengenai tempat untuk berobat atas penyakit yang sungguh membuat perasaan yang tidak nyaman dan ketakutan atas ketidak sembuhan penyakit tersebut..semoga bermanfaat yaa..wassalam..


MAHKOTA MEDICAL CENTRE

57 komentar:

  1. Assalamu'alaikum..
    Mudah-mudahan bapak diberikan kesehatan yang lebih lagi.
    di sini saya mau bertanya, berapa lama bapak menjalani operasi tersebut? setelah operasi apa yang di rasakan? biasanya setelah operasi kita merasakan sakit akibat efek bius. apakah itu terjadi?
    berapa lama penyembuhannya? dan berapa lama bapak tggal di rumah sakit atau pun di malaka? karena, ayah saya juga mengalami penyakit ini. telah pernah dioperasi tahun 2009, tapi beberapa bulan kemudian, muncul lagi hingga saat ini.
    terima kasih atas infonya.

    BalasHapus
  2. alaikum salam ..
    aminn.. semoga begitu juga dengan anda..saya dirawat disana cuma sekitar 3 hari saja ..rabu saya konsultasi, kamis langsung operasi.. dan hari sabtu siang saya sudah diperbolehkan pulang..cuma saya satu minggu di malaysia..karena sekalian jalan-jalan di Kuala Lumpur hehe..untuk durasi operasi mungkin sekitar satu jam ..saya juga tidak tahu pasti, karena saya dibius total..dan dua hal yang saya kagumi dengan metode pengobatan disana adalah..teknologi kesehatan yang mereka gunakan sudah modern dan saya sama sekali tidak merasakan sakit sebelum atau pun setelah operasi, adapun hal yang saya takutkan waktu itu adalah..bagaimana jika saya BAB setelah operasi, pasti sakit. dan Alhamdulillah hal itu tidak terjadi..untuk masa penyembuhan cukup lama..sekitar dua bulan, karena butuh waktu untuk menunggu jaringan baru tumbuh untuk menutupi lubang/luka bekas operasi yang memang sengaja tidak dijahit..tetapi bekas luka ini harus dijaga kebersihannya dan perawatan sehari2 adalah dengan merendamnya dengan air garam dan setelah itu diberikan anti biotik lalu diperban.. kembali kasih pak semoga rekomendasi rumah sakit ini bermanfaat, karena saya sebagai bekas penderita fistula ani mengerti betul pusingnya memikirkan penyakit ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas , klo beli tiket 7 hari pp apakah kemungkinan bisa ,, karena khan tiket bisa hangus, dan bagaimana bila duduk apakah bisa,,. terimakasih atas jawabannya..

      Hapus
    2. Aswrwb..
      Mas saya juga kena penyakit fistula ani..
      Saya mau tanya apa nama obat antibiotik yg dikasih dokter pasca operasinya?
      Saya dah 2 kali operasi tapi masih keluar nanahnya..
      Mohon info obat antibiotiknya

      Hapus
  3. maaf maksudnya mbak,, barusan saya lihat blognya.. ohya saya baru nambah arsip untuk menambah informasinya,, silahkan dibaca yaa..

    BalasHapus
  4. Asww.Wr.Wb. apa kabar bapak mudah2an bapak sdh sehat dan tidak kambuh2 lagi ya sayang sekali saya sdh melakukan operasi 3 bulan yang lalu di jakarta tapi sekarang kambuh lagi kalau kesana apa diperiksa kembali/ bawa hasil yang dari indonesia kalau kt mau minta informasi dulu bagaimana caranya ya dan ada Dr perempuan atau tidak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku perna di opprasi di Singapore 4 thn kemudian kambuh lg opprasi lg d Taiwan opprasi yg d Taiwan udah 6bulan tp masih belum sembuh, penyakit fistula emang menyusakan penderitanya

      Hapus
    2. Mba tiara, aku penderita fistula abis opprasi harus berobat jalan di butuhkan waktu berbulan2 mba, biyasanya kalo masih 3bulan mah belum sembuh, bukan kambuh lg jangan makan pedes mba tar susah sembuhnya jangan makan yg asem2, banyakin minum air putih, makan buah2han sayur mba! Penderita fistula di larang makan pedes.!

      Hapus
    3. Saya pernah menderita fistula ani, sempat depresi dan stress karena gak ada uang untuk operasi, akhirnya menjalani hidup sehat, selalu menempelkan tisu di area fistula, mengganti dan selalu bersih...

      Mengkonsumsi susu cair (ultra) dan makan buah pir..

      2 bulan fistula mengering dan menutup sampai sekarang..

      Hapus
    4. Apakah sembuh total gan....

      Hapus
    5. Apakah sembuh total gan....

      Hapus
    6. Sembuh total.. kering, hanya meninggalkan bekas luka kecil.

      Hapus
    7. Satu lagi gan.. selama pengobatan dan penyembuhan.. JANGAN NAIK MOTOR / SEPEDA.. beralih ke mobil, grap atau bis atau angkot.. intinya jangan berikan tekanan berlebih di area pistula.. dan jangan sungkan untuk di bersihkan, cebok dan mengganti tisu supaya selalu bersih dan kering

      Hapus
    8. Jadi obatnya apa sj.... Mohon infonya... Mau operasi juga terbentur biaya

      Hapus
    9. Saya gak berobat dan gak operasi bu, cuma rajin di bersihkan, sumpel tisu supaya tetap kering, berhenti naik motor, atau sepeda, minum susu cair dan buah pir aja.. udh, alhamdulillah Kuasa Allah sembuh..

      Hapus
    10. Pernah konsul kedokter gak pak ?apakah fistulanya masih dikulit ato sdh masuk rectum /menembis lubang anus?

      Hapus
  5. alaikum salam Wr.Wb.. untuk pemeriksaan disana saya pikir akan dilakukan kembali..karena menurut saya tentunya setiap penyakit akan didiagnosa terlebih dahulu oleh dokter yang bersangkutan..untuk mendapatkan informasi rumah sakit MMC menyediakan kantor perwakilan di kota2 besar di Indonesia..coba saja Ibu searching di Internet tentang informasi kantor perwakilan tersebut dengan keyword "kantor perwakilan mahkota medical centre"..disana akan dijelaskan secara gamblang mengenai rumah sakit MMC..untuk dokter perempuan saya tidak meyakini hal itu karena untuk spesialis gastrointestinal dokter yang direkomendasikan adalah Dr francis Weng Keong..terima kasih..semoga bermanfaat dan lekas sembuh..

    BalasHapus
  6. Aslmlkm wr wb... Pak, perkenalkan saya cahyo, dari solo. Pertama sya merasa ad yg tdak beres dgan anus sya, awalnya sya kira wasir krna memang sya punya itu walau g parah, dan gjala awalnya sakit yg sangat saat BAB, bahkan wktu kentut. Stelah ditangani dokter wasir, mulailah stelah itu terasa perih yg sangat, dan waktu kentut pun sdikit sakit dgan saluran kluar yg agak aneh... stelah baca blog anda, sya bru pahsm kalo ini adalah fistula ani.... sya mohon info untuk brobat ke malaka, tolong share ke sya mengenai perkiraan biaya yg harus disiapkan (mengingat sy hnya pns rendahan), transprort, serta kondisi faktual selama dan setelah operasi..... sya tunggu infonya pak..... salam dari solo

    BalasHapus
  7. Tanya pak, apa sampai sekarang masih baik kondisinya.
    Tidak kambuh kembali?
    Thanks

    BalasHapus
  8. Assmlkm..saya chandra dari bengkulu saya penderita fistula ni rencananya saya ingin berobat ke MMC hospital di malaka, yg saya ingin tnykn terlebih dahulu bagaimana dengan kodisi bpk skrg, terima kasih

    BalasHapus
  9. Assmlkm..saya chandra dari bengkulu saya penderita fistula ni rencananya saya ingin berobat ke MMC hospital di malaka, yg saya ingin tnykn terlebih dahulu bagaimana dengan kodisi bpk skrg, terima kasih

    BalasHapus
  10. Alhamdulillahirrabbilalamiin.. hingga saat ini sudah tiga tahun sejak saya dioperasi, fistula ani saya tidak lagi bermasalah. Semoga dapat menjadi pencerahan bagi sesama penderita fistula ani yang lain. Terima kasih

    BalasHapus
  11. Nampaknya blog ini sudah lama bapak tulis...saya dari malaysia dan saya baru saja disahkan menghidap penyakit fistula..saya mahu tanya satu ja sakitke selepas proses operasi yang saya maksudkan ketika mencuci luka dan merendam dlm air garam

    BalasHapus
  12. salam,apakah punca punca bapak dapat pyakit ini,,sebab saya punca nya adalah sy mengalami fissure in ano terlebih dahulu...dan sakitkah masa selepas dioperasi

    BalasHapus
  13. Asww. Sy sudah oprasi 2x di Bandung, tp fistulanya belum kunjung sembuh. Operasi pertama malah sakit luar biasa dan gak bisa aktivity selama 1 bulan.
    Sy tertarik dengan informasinya mas, dan terimakasih untuk sharingnya.
    Dalam masa perawatan yang mas bilang 2 bulan, apakah bisa aktivitas normal? tks

    BalasHapus
  14. maap, mau tanya Setelah tindak operasi,
    ada efek dari pup?
    maksud aku masi bisa tahan pup jka ada dperjalanan? saat stelah operasi (masa pemulihan)

    BalasHapus
  15. Halo semuanya..maaf mau share ya.
    Bagi yang membutuhkan info berobat ke Malaysia, saya bisa membantu.
    Saya bekerja untuk perwakilan resmi Pantai & Gleneagles Hospital di Malaysia, baik untuk Kuala Lumpur, Penang dan Melaka.
    Bisa hubungi saya di nomor: 021-29681703 / 04. atau email: jakarta@pantai.com.my.

    BalasHapus
  16. Oprasi fistula bisa 3-4 x oprasi dan tingkat kesembuhanya 30% saya sudah banyak men angani orang sudah oprasi fistula tapi masih sakit bahkan mau bab saja masih keluar darah segar...anda ingin sembuh total 1-3 bulan ke depan tanpa oprasi hub 085361675232/7cb2b113

    BalasHapus
  17. Ini kisah saya yang br tempur melawan fistula ani yang menyakitkan...
    Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal...disertai demam...sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa...dan saya di anjur kan untuk brtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh...tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik di meuraxa banda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi...dalam hati saya wah gawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkan fistula...saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nya bisa sembuhkan fistula...tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol....!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan...dia menganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat mujarab...akan tetapi prouduk nya 3-6macam dengan harga yang cukup mahal... Tr gantung dari kondisi fistula nya...wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya...ya akhir nya saya coba juga... Dan ambil yang paket buster komplit.... karna saya ingin cepat sembuh, karna fistula ini ini sangat menyiksa saya...3 bulan saya demam dan tak bisa bekerja dan duduk..dan pada akhir nya fuji sukur baru 6 minggu saya minum obat nya hasil nya benar mujarab!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi...tapi makanan juga harus di jaga juga...sampai saat ini...agar tak tr ulang kembli penyakit nya...bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh sperti saya kamu bisa sharing ini no saya...hp 085361675232 no sms & bbm 7cb2b113... Trimakasih sejnmoga ada pencerahan buat kita semua. Senang bisa saling membantu sesama penderita fistula agar cepat sembuh...AMIN ...

    BalasHapus
  18. Assalmkum.. Kepada yg berkehendak penawar fistula boleh hubungi saya whatssap 0134268897

    BalasHapus
  19. Assalmkum.. Kepada yg berkehendak penawar fistula boleh hubungi saya whatssap 0134268897

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya Ari 32 th, 2015 saya terkena fitulas dan melakukan operasi di Rs Lam wah E penang Malaysia. operasi 1 kali dan sembuh sampai saat ini.

    silahkan jika ingin tanya bisa hub 08119951403.

    BalasHapus
  21. Pasien sembuh hati pun senang...alhamdulillah...
    Dokter yusug sp penyakiy dalam.

    BalasHapus
  22. Dok trimakasih ya...penyakit fistula saya dan suami saya sudah mengering dan tak keluar nanah dan darah lagi...sekali lagi trimakasih ya dok yusuf...obat nya cocok dan top cer...tanpa oprasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama bu eli... alhadulillah ya bu...

      Hapus
    2. sama sama bu eli... alhadulillah ya bu...

      Hapus
    3. As.wr..
      Dr. Yusuf, apakah no HP bapak 085361675232 masih valid?
      Sy ingin konsul dan berobat kepada bapak. Sy sdh 2 kali operasi dan gagal...menderita fistula ani sejak 2007.
      Terima kasih

      Hapus
    4. As.wr..
      Dr. Yusuf, apakah no HP bapak 085361675232 masih valid?
      Sy ingin konsul dan berobat kepada bapak. Sy sdh 2 kali operasi dan gagal...menderita fistula ani sejak 2007.
      Terima kasih

      Hapus
    5. As.wr..
      Dr. Yusuf, apakah no HP bapak 085361675232 masih valid?
      Sy ingin konsul dan berobat kepada bapak. Sy sdh 2 kali operasi dan gagal...menderita fistula ani sejak 2007.
      Terima kasih

      Hapus
    6. Saya pernah menderita fistula selama 2 tahun (2013 - 2015) sempat coba kedokter dan herbal tetapi tidak sembuh.. disarankan operasi tetapi mahal dan gak jaminan sembuh..

      Akhirnya ikhlas dan gak berobat apa apa.. cuma selalu membersihkan dubur dan fistula, menambal dengan tisu.. dan memastikan selalu bersih..
      Mengurangi pakai motor dan melakukan pekerjaan2 berat..
      Minum susu cair (ultra/ bendera) dan makan buah pir..

      Gak tau apa hubungan nya atau tidak.. fistula saya berangsur2 sembuh dan 3 bulan saya melakukan terapi diatas.. fistula saya benar2 tertutup dan kering sampai sekarang..

      Tinggal ada bekas luka kecil dan semoga jangan pernah kambuh lagi..

      Selamat mencoba

      Hapus
    7. Cuman susu cair dengan buah pir yah? Mohon infonya... Maksih...

      Hapus
  23. Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA: +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026502
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  24. Tulisan ini bisa menjadi referensi yang sakit fistula.
    cara mengatasi penyakit maag

    BalasHapus

  25. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B}

    BalasHapus
  26. selamat hari semuanya

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk organisasi individu dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar dari jumlah minimum ($ 3.000,00) sampai jumlah maksimum ($ 40.000, .00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda, jadi biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut. di bawah.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    BalasHapus

  27. Anda kena fistula dan takut untuk melakukan oprasi yg sangat menyakitkan dan menyiksa?
    Lagi cari alternativ selain oprasi?
    Saya saran kan coba hub pak yusuf
    Pasien beliau banyak
    Bahkan ada yg di luar negri
    Dan banyak yg sudah sembuh.
    .
    Coba tlp atau wa langsung di no hp ny 0853-6167-5232
    Semoga brmanfaat dan anda bisa tr tolong dan sembuh sama sprti saya...amin....

    BalasHapus

  28. Anda kena fistula dan takut untuk melakukan oprasi yg sangat menyakitkan dan menyiksa?
    Lagi cari alternativ selain oprasi?
    Saya saran kan coba hub pak yusuf
    Pasien beliau banyak
    Bahkan ada yg di luar negri
    Dan banyak yg sudah sembuh.
    .
    Coba tlp atau wa langsung di no hp ny 0853-6167-5232
    Semoga brmanfaat dan anda bisa tr tolong dan sembuh sama sprti saya...amin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nomor kontak saya yang 0853-6167-5232 sudah non aktif. Karena hilangnya Hp saya.
      Sekarang saya pakai nomor 0813-4881-3797.
      Kalau mau berobat silahkan hubungi nomor baru saya.
      Trima kasih 🙏
      Saya Dr yusuf

      Hapus
  29. assalamualaikum, maaf apa saya bisa minta contact line atau whatsapp untuk tanya2? saya habis operasi fistula juga dengan dr.francis tapi perawatan penyembuhannya sakit banget.. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  30. Kalau saya sembuh dari fistula setahun yang lalu setelah rutin brobat dng temannys teman saya yang ke Betula beliau Seorang stap medis di puskesmas dan dia juga buka pengobatan dengan konsep trpadu komplementer. Ini kita saya, Sebelum saya brobat ke beliau saya sudah masuk ke groub wa yang hampir rata rata menarankan harus oprasi. Dan Mereka hampir semua menyarankan operasi ke dr panji yang Mereka elu elu Kan. Dan saya juga sudah hub dr panji nya dan tr nyata dr panji tidak sanggup lagi menangani penyakit fistula saya. Kata nya sudah parah, dan jalan Satu Satu nya saya harus di pindahkan Saluran anus saya. Mendengar itu saya Jadi Lemas karna kalau sampai itu tr Jadi saya harus pensiun dini, dan yang pastinya ekonomi saya jadi berantakan.
    Saya pasrah dengan penyakit saya Ini.
    Karna saya tidak mau di oprasi pindah Saluran pembuangan.
    Saya setiap hari hanya bisa br doa dan memohon di beri petunjuk untuk memperoleh kesembuhan.
    Dan akhirnya Saat saya ikut majelis taklim rutin saya mendapat petunjuk.
    Saya di Sarankan oleh teman untuk brobat ke teman nya yang bisa membantu menyembuhkan penyakit fistula saya.
    Dan akhirnya saya berangkat ke tempat beliau dengan teman saya itu.
    Sesampai di sana saya istirahat di hotel sambil menunggu teman nya teman saya itu pulang dinas.
    Dan setelah ketemu beliau priksa saya.
    Dan beliau bilang kalau kamu mau sabar dan ikuti Saran saya insyah allah bisa sembuh.
    Dan saya pun mulai brobat dng beliau, saya minum obat racikan beliau dan menjalankan pantangan serta Saran beliau.
    Selama 4 Bulan saya brobat dng beliau akhirnya lobang fistula menutup, dan tidak keluar Nanah lagi dari anus.
    Ini sudah setahun saya sudah sembuh dan tidak kambuh lagi. Dan tidak Jadi oprasi.
    Buat saudara yg mengalami Sama seperti saya, atau yang tidak mau oprasi fistula bisa mencoba brobat dng beliau. Ya mudah mudahan bisa sembuh seperti saya.
    Ini no teman nya teman saya itu,
    0822_9423-8289 Coba brobat dng beliau, bisa datang langsung ketemu beliau atau pesan obat nya saja juga bisa. Tapi Saran saya kalau sudah brobat dengan beliau nanti rajin konsultasi dengan beliau.
    INI BUKAN PROMOSI, TAPI SAYA HANYA BR BAGI CERITA PENGALAMAN PRIBADI SAYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Bu di mana alamatnya yang bisa menyembuhkan? Soalnya sy di Sulawesi dan kondisi keuangan tdk memungkinkan untuk kemana2... Mau operasi juga takut dan juga terbentur masalah biaya.... Mohon infonya.. Terimakasih

      Hapus
    2. knp sy tdk bisa mnghubungi nomor temennya bpk itu pak. siapa tau jdoh sybs smbuh dr fistula

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Selamat siang teman2 semua, perkenalkan sebelum nya, saya Rini, saya juga mantan penderita fistula ani, saya mau coba share pengalaman sakit saya, mudah2 an bisa membantu teman2 yg sedang berjuang juga dalam penyembuhan penyakit fistula ini, ini sakit yg bener2 bikin depresi, bikin kualitas hidup saya turun, mau aktivitas jadi terganggu gara2 ini panyakit,

    langsung aja jd awal nya saya kena penyakit ini thn 2020 Januari, awal nya saya bab suka sakit, nyeri gitu, trus lama kelamaan ada kayak bisul di sekitar lubang anus saya, saya kira bisul biasa, saya diemin aje sampai bulan maret pecahlah itu bisul, sakit nya luaaar biasa guyss,, sampai nangis aku emoticon-Frown , maklum cewe guys, nanah keluar di celana dalam saya, dan ada sdikit darah juga, saya masih kira ini bisul biasa yg pecah, saya diemkan sampai april kok ga sembuh2, dan hampir tiap hari keluar nanah, duduk juga sakit, mana mesti kerja juga lagi di kantor nahan sakit, dan kebetulan di kantor juga ada yg pernah ngalamin penyakit ini, dia cerita dulu di operasi, tapi gagal operasi nya sampai 3x habis 90 jt an, dan skrg katanya makin parah, karena bekas operasi luka nya banyak infeksi jadi nya, kasian juga sii temen saya sampai resign dari kantor nya....

    dan akhir nya saya mampir ke kaskus untuk mencari informasi mengenai penyakit ini, untuk mencari alternatif penyembuhan tnp operasi, yaa mungkin sudah jalan nya kali ya, saya baca satu postingan yg kasih referensi dokter prawira, katanya banyak pasien beliau yg sembuh dari fistula tanpa operasi, dan yg belum sembuh pun sudah sangat mendingan, at least sudah bisa beraktivitas kembali dengan minim gangguan....singkat cerita saya coba kontek beliau, orang nya baik, ramah dan mau menjawab pertanyaan kita, biasa dokter2 suka pelit informasi, beliau dulu praktek di RS Jakarta, semenjak covid beliau di luar kota, singkat cerita saya ceritakan semua penyakit saya, kemudian dokter nya mengirimkan satu paket obat yg terdiri dari 3 macam obat, untuk 10 hari dosis nya, saya minum, dan sakit saya pun perlahan mulai sembuh, yg biasa nya BAB sakit banget, ini sudah tidak sakit, dan perlahan jaringan2 kulit nya juga mulai numbuh dan menutup, butuh 6 bulan saya akhir nya sembuh, jadi di April saya minum obat untuk 10 hari, kemudian 2 minggu berikut nya saya dikasih obat lagi yg sama untuk dosisi 10 hari lagi, jadi beliau itu sibuk bgt guys, obat nya saya dikirim pakai ekpedisi, total abis 1.2 jt untuk 1 paket obat nya, yaa lumayan murah bagi saya, dari pada saya harus operasi sampai puluhan juta yg belum tentu berhasil jg. ini no WA dokter nya O812 I337 0I27
    mudah2 an kita semua diberi kesembuhan dari penyakit ini...

    BalasHapus