Senin, 28 Februari 2011

fistula ani

Fistula ani, ketika dokter mendiagnosa seseorang mengidap penyakit ini, tentu akan bertanya-tanya dalam hati. penyakit apa ini? sekilas terdengar nama yang identik dengan nama seorang perempuan. akan tetapi tentu saja hal itu sungguh berbeda dari apa yang di bayangkan. fistula ani sendiri adalah sebuah jaringan asing yang tumbuh di dalam (maaf) bokong, diakibatkan oleh  infeksi dibawah jaringan kulit yang menghasilkan nanah dan darah. Jika terjadi infeksi, tubuh memberikan reaksi atas adanya nanah dan darah yang ada dalam jaringan kulit tersebut. Untuk menciptakan keseimbangan, nanah dan darah yang diproduksi oleh infeksi ini akan dipress untuk keluar dari dalam tubuh sehingga nantinya akan keluar dari permukaan kulit. Di permukaan kulit fistula ani akan terlihat seperti bintik bisul yang nantinya akan pecah setelah menerima  produksi nanah akibat infeksi yang ada di jaringan kulit bagian dalam tadi. Jadi jika digambarkan maka akan terbentuk terowongan yang menghubungkan antara infeksi di dalam lapisan kulit dengan permukaan kulit. Tampilan fistula ani jika dilihat dari permukaan kulit memang hanya seperti bisul. Akan tetapi masalah sesungguhnya adalah infeksi yang terjadi di dalam jaringan tubuh tadi..sehingga pengobatan menurut sudut pandang medis adalah dengan mengangkat akar fistula ani yang ada di jaringan kulit bagian dalam. jika tidak, maka infeksi dari akar fistula ani tadi akan terus menghasilkan nanah yang akan dikeluarkan di bisul yang terdapat di permukan kulit melalui "terowongan" yang telah terbentuk tadi, sehingga hal ini akan terjadi terus menerus. Penderita fistula ani akan merasakan rasa nyeri ketika produksi nanah meningkat dan "bisul" yang ada di permukaan kulit akan meradang akibat dari adanya peningkatan produksi nanah tersebut, sampai akhirnya bisul ini pecah sehingga nanah yang diproduksi oleh infeksi fistula ani tadi dapat dikeluarkan dari tubuh. Hal ini akan terus terjadi secara terus menerus.Bagi penderita fistula ani selain keluarnya nanah yang kadang disertai dengan darah gejala lain yang dirasakan adalah rasa gatal di sekitar bokong, hal ini diakibatkan oleh banyaknya bakteri di daerah luka yang memang merupakan daerah pembuangan bagi manusia.
Ketika seseorang telah didiagnosa mengidap penyakit fistula ani langkah medis yang harus dilakukan adalah  operasi. mengangkat akar fistula ani beserta jalur atau track yang telah terbentuk, hingga bersih. kemudian bekas luka operasi akan dibiarkan terbuka sehingga akan terbentuk jaringan kulit baru yang lebih muda dan sehat, hingga akhirnya lubang yang diakibatkan oleh luka bekas operasi tertutup oleh jaringan yang baru. langkah operasi sebaiknya segera diambil oleh penderita fistula ani, karena jika fistula ani dibiarkan hingga bertahun-tahun maka jalur atau terowongan atau track tempat mengalirnya nanah ini akan terus berkembang dan bukan tidak mungkin akan terbentuk jaringan baru yang dapat tumbuh hingga ke jaringan kulit yang lebih dalam, yang pada akhirnya akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih sulit.

54 komentar:

  1. Nasib kita sama aku juga menderita Fistula Ani, sudah dioperasi eh kambuh lagi malahan sering keluar darah segar jika terlalu banyak makan cabe, mangga dan makanan berminyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. aq juga sudah dioperasi mas..dan insya Allah sampai sekarang ga ada masalah lagi..dan semoga jangan sampai deh..semoga opsi yang saya berikan ini bisa jadi referensi buat sesama penderita fistula ani untuk menemukan tempat berobat yang baik..klo boleh tahu jarak antara operasi dan kekambuhan penyakitnya berapa lama mas?!

    BalasHapus
  3. Thanks buat infonya. Saya sudah dioperasi bulan Juli tahun 2010 dan sampai skrg belum sembuh. Terkadang suka kambuh. Terakhir kambuh adalah awal maret lalu setelah sebelumnya pada bulan januari juga kambuh. rencananya saya mau operasi bulan mei ini. Kira2 berapa lama ya proses penyembuhan pasca operasinya? apakah butuh waktu lama menginap di rumah sakit?

    BalasHapus
  4. proses penyembuhannya memakan waktu 2 bulan dan itu juga bibarengi dengan perawatan untuk memastikan kebersihan di bekas luka operasi dengan merendamnya di air garam dan mengolesinya dengan ani biotik sebelum di perban..sementara berdasarkan pengalaman saya dirumah sakit waktu perawatan hanya tiga hari untuk rawat inap..

    BalasHapus
  5. Perlu bolak balik ke Malaka gak ya?

    BalasHapus
  6. saya tidak bolak balik ke Malaka mas..cuma berangkat sekali untuk operasi saja..dan setelah itu hanya menjalani perawatan dirumah..

    BalasHapus
  7. sampai dagingnya kembali semula pasca operasi membutuhkan waktu 2 bulan ya mas atau tergantung berapa besar daging yg diangkat waktu operasi ? apakah daging baru yang tumbuh itu akan bagus seperti semula saat belum terkena fistula dan agar pasca operasi dalam perawatannya tidak sakit harus apa ya mas ? terima kasih

    BalasHapus
  8. saya tidak tahu pasti apakah setiap penderita fistula ani yang telah dioperasi akan menjalani lama perawatan yang sama atau tidak tapi untuk saya memakan waktu dua bulan hingga jaringan daging yang baru dan lebih sehat tumbuh mengganti jaringan yang lama mas..jaringan otot yang baru tidak ada perbedaan dengan yang lama..setelah dua bulan bekas luka sudah tertutup sama sekali ketika saya raba memang ada rasa agak kesat..tetapi saya tidak mengalami rasa sakit apapun mas selama proses tumbuhnya jaringan otot yang baru tersebut..jadi saya juga tidak tahu jika mas bertanya perawatan yang seperti apa untuk mencegah rasa sakit pasca operasi mas :)

    BalasHapus
  9. saya sudah operasi fistula ani minggu yang lalu, saya mau tanya perawatan mas pasca operasi bagaimana dan direndam air garam atau PK mas dan minum jenis obat apaan mas.? terima kasih ya mas atas waktunya

    BalasHapus
  10. saya merendam bekas luka operasi dengan air garam dengan tujuan menjaga kebersihan dan untuk memicu luka bekas operasi agar lebih cepat mengering mas..saya lakukan itu setiap mandi dan sesudah buang air besar..setelah direndam berulah diolesi dengan cairan semacam alkohol yang diberikan dokter diolesi bethadine dan terakhir barulah diperban agar luka dapat dipastikan dalam keadan steril mas..untuk obat saya meminum dengan teratur obat yang diberikan oleh dokter dan memakan buah2an agar kotoran saya tidak keras..sehingga dapat mengurangi lecet pada luka bekas operasi yang diakibatkan oleh kotoran yang teerlalu keras..

    BalasHapus
  11. Fistula Ani memang penyakit yang sulit untuk disembuhkan namun Insya Allah bisa disembuhkan.hubungi saya http://yusran81.blogspot.com. Mudah mudahan menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi saat ini. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. cara penyembugannya bagaimana?

      Hapus
  12. salam ,,saya sinduk, laki2 26 th..
    sudah sekitar 5 minggu lalu 16/12/11 saya operasi fistula ani dengan metode terbuka. alhamdulilah sudah ada perkembangan ke arah yang lebih baik (luka sudah mulai menutup dan dari awal setelah operasi tidak ada nanah sama sekali). tapi ada keluhan lain sekarang2, sekitar luka timbul gatal yang sangat mengganggu. terakhir kontrol dikasih obat gatal dextamine, tp setelah habis seminggu gatalnya kembali. yang mau saya tanyakan adalah bagaimana cara perawatan pasca operasi menurut anda?, merek alkohol/antibiotik yang dioleskannya apa? (dokter saya cuma menyarankan luka di sumbat pake kassa dengan cairan hemolok yang sebelumnya dibersihkan dulu lukanya, beliau tidak menyarankan dibersihkan pake apa tp sya berinisiatif pakai NaCl dengan cara disemprotkan dan baru 2 hari ini saya tambah dengan sitzbath memakai cairan dettol antiseptik/kadang2 ciran rebusan sereh/garam). pertanyaan kedua adalah apakah timbulnya gatal2 sekitar luka operasi fistula merupakan hal yang wajar/biasa terjadi? semoga gatal2 ini tanda2 yang baik...amin..terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl boleh tahu anda operasi dimana ?

      Hapus
    2. sy operasi di salah satu rs di bandung dengan salah satu dokter rujukan teman sy.mampir aja ke sini terus pm sy dengan nick sinduk http://www.kaskus.us/showthread.php?p=640928232&posted=1#post640928232

      Hapus
  13. saya juga penderita fistula ani awal tahun 2011, awalnya dikira bisul..setelah ke RSHD Samarinda disuruh Operasi untuk mengangkat fistel tersbut. tapi justru setelah pasca operasi adalah hal yang sangat menderita, mungkin sejak perawatan dari RS yg gak bener atau perawatan pasca pulang kerumah, yg jelas berendam dan dioleskan ontibiotik dan ditutup kapas dibalur betadin, selang 1 sd 2 bulan penyakit tersebut kambuh kembali. Dan akhirnya kembali disarankan Dokter untuk Operasi ke-2 Kalinya. Berhubung sudah gagal pada operasi yang pertama..dan perawatan pasca operasi yg sulit.. sampai saat ini pengobatan saya adalah dengan herbal&sejenis accupresure saja.. dan alhamdulilah sekarang sudah jarang kambuh lagi. Biasanya akan terasa berdenyut jika salah makan, apalagi jika makanan tersebut mengandung Borax/Pengawet/Petsin. sekarang belajar hidup lebih sehat.
    kalau mau sharing mengenai Penyakit ini bisa email saja di desilestari78@gmail(dot)com.

    wassalam

    BalasHapus
  14. Ada informasi klinik herbal untuk fistula ani ney http://www.ningharmanto.com/2009/09/fistula-ani-sembuh-dengan-herbal/

    BalasHapus
  15. Selasa tanggal 10 September 2013 yang lalu, saya sudah menjalani operasi fistel perianal sebanyak 3 kali, operasi yang ketiga inilah saya baru mengetahui kalau ada akar didalam luka yang terjadi 1 tahun silam. Akar ini kemudian di ambil oleh tim dokter bedah, bentuk menyerupai ubur2 karena banyak kaki kakinya. Saat ini saya sedang proses penyembuhan luka, dengan rendam air PK sebanyak 2 kali pagi dan sore, kemudian di kompres betadin. Makanan serat tinggi dapat mencegah fistula ani berulang. selain itu saya juga mengkonsumsi herbal untuk membantu pertumbuhan sel sel baru di dalam tubuh

    BalasHapus
  16. bu enni..brp lama wkt yg dibutuhin pasca operasi utk bisa aktivitas lagi?
    kebetulan saya jg bru oprasi tgl 24 sept 2013 tp smp saat ini msh suka kambuh..klo kambuh sy jd ga bs ngapa2in..hny bs tiduran..
    wkt oprasi itu saya dlm kondisi hamil 7 bln shingga tdk dituntaskan oleh pihak dokter dgn alasan keamanan bayi dlm kandungan saya..
    skrg sy sdh melahirkan dan disarankan utk operasi total penyembuhan..tp menurut keterangan dokter..saluran buang air saya akan dipindahkan ke perut tdk melalui (maaf) anus lagi..apakah wkt oprasi ke3 ibu jg bgtu? alasan dokter agar luka tidak terkena kotoran dan slalu steril smp luka operasi kembali tertutup..trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak intan, saya sudah operasi fistula ani dan dibuatkan jalur pembungan lain di perut. Namanya kolostomi. Tapu sudah 6 bulan luka bekas fistel belum tertutup.. dokter bilang hanya sementara.. paling cepat 3 bulam

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mbak diah boleh minta wa line nya? Suami sya jg disarankan kolostomi...

      Hapus
  17. Saya baru operasi vistel...setelah 5 th terasa..yg dikira wasir..3 thn lalu fiahnoda dokter vidtulani...dan hrs sgr operasi...tp karena kesibukan,baru tgl 10 juni 2014 saya di operasi krn radang telah menjalar ke scortum/buah zakar jd membengkak..sangat sakit..dan sulit utk berjalan..Hari itu juga saya di operasi total bius...besok nya jam 6 sore di cabutlah kain kassa di 2 lubang/lumayan sakit..

    Sekarang pasca operasi saya di suruh dokter berendam dgn air hangat yg telsh di taburi sabun antiseptic..Lifeboy/detol...scortum sdh mengecil..tapi masih belum sembuh total...tunggu waktu..dan blm bisa beraktifitas..smg cepat pulih terutama dalam rangka ikut puasa bln ramdhan th ini...aminnn yaa Robbal alaminn...wass,jos f Bandung Jabar....

    BalasHapus
  18. Mohon info utk operasinya di mana Bos. And brp biayanya? Bisa sms ke 08128074760

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan email saya di rico_dt@yahoo.co.id mas..terima kasih

      Hapus
  19. baru dengar nama penyakit ini, terima kasih atas perkongsian anda. semoga penyakit ini tak menyerang anda lagi rico...aamiin....

    Pengedar Shaklee Area Batang Kali, Ulu Yam, Bukit Beruntung dan Genting Highland

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah untuk fistel saya sdh kering setelah minum obat Reskuin 500 Mg . Dosis 3x1 sehari. Klo nggak dpt Reskuin beli yg sama kandungannya Nislev 500 Mg. Info gratis hub. Saya 08128074760

    BalasHapus
  21. terimakasih sangat bermanfaat sekali gan, semoga berkah nii


    http://blogobattasik.com/obat-tradisional-fistula-ani/

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Pagi semuanya,singkat cerita saya 2 tahun yg lalu terkena fistula,jalan pun tidak bisa krn benjolnya besar,akhirnya saya ke dokter,dokter menyarankan untuk operasi,mengingat biaya operasi mahal dan kemungkinan kambuh lg ada,saya tdk operasi sampai akhirnya fistula tsb pecah sendiri..setelah pecah hati saya senang sekali krn saya bs berjalan kembali dan rasa sakit tdk ada...saya pikir akan sembuh dgn sendirinya,3 bulan stelah pecah,fistula sy kambuh kembali...saya sampai stress krn itu akhirnya saya ke toko obat,konsultasi dan diberikan pil isinya 3 pil dan disuruh minum selama seminggu...setelah sy mengikuti saran beliau,saya sembuh dr fistula dan sampai skrng tidak kambuh,lubang menutup dan benjolan hilang...untuk bpk dan ibu yg niat mencoba obat saya,bisa sms ke 081296254433, saya skrng menjual obatnya sekalian membantu org yg terkena fistula bisa sembuh tanpa operasi

    BalasHapus
  24. Saya menderita fistula ani sejak 2014 sampai prtengahan 2015... Saya brobat ke rumah sakit dan di anjur kan untuk oprasi...krna saya takut oprasi yg kata nya bisa sampai 2-3x ...akhirnya saya memilih obat herbal...dan kebetulan ada temen yg menawarkan obat dari TIENS...dan saya minum chitin+munchord+cal...dan alhamdulillah setelah 3 bulan saya sembuh total...tak ada lagi rasa sakit dan gatal di lubang fistula...bila ada yg masih belum sembuh coba deh saran saya...untuk info lebih lanjut hub 085361675232/pin 7cb2b113

    BalasHapus
  25. Saya baru selesai operasi 1 bln lalu di rs azra bgr, dg dr sany... Blum 2 udah kering dan menutup lukanya... Hebatnya 1 minggu udah bs naik mtr walau msh nyeri diganjal bantal kecil mirip donut, 2 minggu naik mtr udah ga pake bntl..
    Pagi sore telaten berendam pakai air hangat dg dettol, sempat pakai pembalut tipis, 2 minggu biar ga nempel di CD. Oiya ketika rawat jln diberi obat antibiotik n obat nyeri, obat nyeri ga saya minum krn tdk nyeri.. Setelah obat antibiotik hbis, saya minum bidara upas yg direbus, diambil airnya sampai kecoklatan lalu diminum pagi sore.. Alhasil cpt menutup lukanya. Bidara upas beli online didaerah jogja, krn saya tinggal di bgr..
    Intinya operasi itu perlu buat mengangkat jaringan rusak dan nanah... Sekarang saya udah bs main futsal... Semoga bermanfaat buat penderita fistulla...

    BalasHapus
  26. Saya baru selesai operasi 1 bln lalu di rs azra bgr, dg dr sany... Blum 2 udah kering dan menutup lukanya... Hebatnya 1 minggu udah bs naik mtr walau msh nyeri diganjal bantal kecil mirip donut, 2 minggu naik mtr udah ga pake bntl..
    Pagi sore telaten berendam pakai air hangat dg dettol, sempat pakai pembalut tipis, 2 minggu biar ga nempel di CD. Oiya ketika rawat jln diberi obat antibiotik n obat nyeri, obat nyeri ga saya minum krn tdk nyeri.. Setelah obat antibiotik hbis, saya minum bidara upas yg direbus, diambil airnya sampai kecoklatan lalu diminum pagi sore.. Alhasil cpt menutup lukanya. Bidara upas beli online didaerah jogja, krn saya tinggal di bgr..
    Intinya operasi itu perlu buat mengangkat jaringan rusak dan nanah... Sekarang saya udah bs main futsal... Semoga bermanfaat buat penderita fistulla...

    BalasHapus
  27. Terimakasih, saya sangat terbantu sekali dengan adanya informasi ini.

    https://obatfistulaaniyangalami.wordpress.com/

    BalasHapus
  28. Saya juga penderita fistula,di dalam di tepi anus terdapat dua benjolan keras seperti biji nangka di sisi kanan dan kiri bela anus, yg sisi kanan udah pecah dan bekas pecah yg bolong terus saja mengeluarkan nanah dlm jumlah yg dikit, sedangkan di sisi kiri nanah akan keluar apabila buang angin, atau di paksa dengan di tekan, tapi benjolan yg sebalah kiri ini mengeluarkan nanah melalui dalam anus dan terus seperti itu. Yg ingin saya tanyakan ada gak solusi selain oprasi untuk mematikan atau menghilangkan benda keras seperti biji nangka tadi.. klo ada yg tau mohon bagi infonya. Hubungi saya di 089512773169

    BalasHapus
  29. fistula ani br beda dengan fisura ... saya juga mantan penderita fistula ani... tapi saya juga tidak oprasi karna oprasi bisa 3-4 x ...dan bila di roxngen sangat lah sakit...saya sembuh dng trapi acupoint dan herbal fitomarmaka...pengobatan cuma 6 minggu...alhamdulillah sembuh...anda ingin sembuh sprti saya hub email saya dokteryusuf8@gmail.com/ 085361675232

    BalasHapus
  30. Ini kisah saya yang br tempur melawan fistula ani yang menyakitkan...
    Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal...disertai demam...sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa...dan saya di anjur kan untuk brtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh...tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik di meuraxa banda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi...dalam hati saya wah gawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkan fistula...saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nya bisa sembuhkan fistula...tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol....!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan...dia menganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat mujarab...akan tetapi prouduk nya 3-6macam dengan harga yang cukup mahal... Tr gantung dari kondisi fistula nya...wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya...ya akhir nya saya coba juga... Dan ambil yang paket buster komplit.... karna saya ingin cepat sembuh, karna fistula ini ini sangat menyiksa saya...3 bulan saya demam dan tak bisa bekerja dan duduk..dan pada akhir nya fuji sukur baru 6 minggu saya minum obat nya hasil nya benar mujarab!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi...tapi makanan juga harus di jaga juga...sampai saat ini...agar tak tr ulang kembli penyakit nya...bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh sperti saya kamu bisa sharing ini no saya...hp 085361675232 no sms & bbm 7cb2b113... Trimakasih semoga ada pencerahan buat kita semua. Senang bisa saling membantu sesama penderita fistula agar cepat sembuh...AMIN ...

    BalasHapus
  31. MAAF SAYA TIDAK MELAYANI KONSULTASI V IA SM.S...

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah pak saya juga sudah sembuh sekarang.....trimakasih ya pak.

    BalasHapus
  34. Tapi saya 3 b ulan baru sembuh nya.

    BalasHapus
  35. 3 bulan sembuh tanpa oprasi karna minum obat dari dokter yusuf...trimakasih ya dok...

    BalasHapus
  36. SAYA RIFZKY ASAL TASIKMALAYA DULU MENGIDAP FISTULA ANI & SUDAH MENJALANI OPRASI DI BANDUNG DAN HASIL NYA LUBANG FISTULA MAKIN BANYAK DAN MALAH MAKIN PARAH...UNTUNG NYA SAYA ADA BUKA WEB DAN DAPAT KONSULTASI LANGSUNG DNG PAK YUSUF DARI ACEH...AWAL NYA SAYA TIDAK PERCAYA TAPI SAYA PASRAH DAN COBA PESAN OBAT DARI BELIAU...DAN HASIL NYA LUBANG DAN BENJOLAN YG ADA DI ANUS SAYA KERING DAN KEMPES...SEHIN GGAH SAYA BISA BEKERJA LAGI SEPRTI BIASA...BUAT SAUDARA YG BELUM SEMBUH SAYA SARAN KAN COBA HUB BELIAU DAN COBA OBAT DARI BELIAU...INSYAH ALLAH FISTULA NYA BISA SEMBUH...

    BalasHapus
  37. Buat mas rfzky itu obat apa y yg d pesen d aceh???herbal kah???

    BalasHapus
  38. Buat mas rfzky itu obat apa y yg d pesen d aceh???herbal kah???

    BalasHapus
  39. Herbal sama obat medis..kalau mau pesan sama beliau aja...karna cuman beliau yg punya...insyah allah mbak dewi bisa sembuh juga sprti saya...

    BalasHapus
  40. Untuk hrg obattnya berapa pk dokter?

    BalasHapus
  41. Untuk hrg obattnya berapa pk dokter?

    BalasHapus