Senin, 28 Februari 2011

Proses Operasi

dr.Francis Weng-Keong Yip
Ini dia yang Insya Allah menjadi titik balik penyembuhan penyakit fistula ani saya, OPERASI!!. Jujur saja ada perasaan gugup ketika saya akan menjalani operasi, sehari sebelum operasi saya sudah dipesankan oleh dr.Francis Weng-Keong Yip untuk besok puasa sebelum operasi. maka dari subuh saya sarapan untuk persiapan operasi pada hari itu, siang harinya saya mulai masuk ke ruang rawat inap. Biaya sewa kamar sekitar 70 ringgit atau sekitar 200 ribu rupiah per malam, dengan dasilitas ac, kamar mandi air hangat dan tv LCD, yah lumayan lah buat nonton siaran tv negara tetangga yang bahasanya metal alias melayu total, hehehe. siangnya saya langsung masuk ruangan rawat inap, cukup lama saya menunggu karena jadwal operasi dokter yang sangat padat. Terakhir saya mengetahui bahwa dokter tersebut adalah dokter spesialis Gastrointestinal dan General Surgeon alias dokter spesialis pencernaan yang cukup terkenal di Malaka. Pukul 18.30 waktu setempat saya dipanggil untuk masuk ruangan operasi. dan boom!! jantung saya pun berdetak dua kali lebih cepat, hehehe, maklum pengalaman pertama. akhirnya saya sampai di ruangan operasi yang sangat dingin, dan saya disambut oleh tim dokter disana.. "hello rico, how are you?? apakah kamu oke?" begitu sapaan dokter disana yang sepertinya mencoba mencairkan rasa tegang saya. "ya dokter, I'm fine, but little bit nervous, coz i never take a surgery before" kata saya.. " yah semua orang pasti begitu rico, karena kamu human ya karenanya kamu punya perasaan gugup, kami disini coba help you untuk sembuh jadi santai saja, everything is gonna be ok" kata dokternya lagi dengan logat melayu bercampur inggris. yah rasa bersahabat yang ditawarkan membuat saya mulai rileks, dan satu jam diruang tunggu operasi saya pun akhirnya masuk ke ruangan operasi dan langsung berbaring diatas meja operasi, disana saya kembali berjumpa dengan dokter francis dmana kemaren saya berkonsultasi dengannya. dan suntikan pertama pun diinjeksikan. "sorry rico ini akan hurt kamu sedikit oke?" suntikan dimasukkan..cuma selang semenit rasa kantuk yang luar biasa menyerang saya. "dok saya mengantuk" kata saya dan dokter pun bilang "oke berarti qt akan segera menolong kamu" itu lah kata-kata terakhir saya dengar dan setelah itu saya tidak ingat apa-apa lagi sampai akhirnya besok pagi saya terbangun dan kaget ketika saya telah selesai dioperasi. Dan Alhamdulillah tidak ada rasa sakit sedikitpun yang saya rasakan, satu-satunya rasa adalah ketika jarum suntik masuk ke kulit saya.. wew luar biasa THX GOD!!

73 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas informasinya.

    Setelah operasi, butuh waktu berapa lama, hingga fistelnya sembuh.. thx

    Kalau saya boleh tahu apakah dulu waktu anda menderita fistel juga merasakan nyeri pada bag. pundak sebelah kiri, bersamaan dgn rasa sakit pada fistel (anus).

    Terima Kasih

    BalasHapus
  2. setalah operasi dibutuhkan waktu dua bulan untuk menyembuhkan luka operasi yang memang sengaja tidak di jahit...dan alhamdulillah hingga sekarang fistel saya tidak pernah bermasalah kembali..untuk rasa sakit di pundak bersamaan dengan rasa sakit fistel saya tidak pernah mengalaminya tuh mas..penyakit yang dulu saya alami cuma sebatas fistula ani..terima kasih kembali mas..semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  3. mas apakah benar setelah operasi mas tidak merasakan sakit ? mengapa saya pasca operasi sering mengalami perih yg cukup menyiksa bagi saya ? apa ada solusinya mas, terima kasih

    BalasHapus
  4. saya tidak mengalami sakit apapun mas pasca operasi..bekas lukanya memang agak mengganggu karena masih basah..saya jujur harus membeli pembalut agar mencegah celana dalam saya kotor hehehe..yang saya lakukan pasca operasi adalah menjaga bekas luka itu agar tetap bersih..sehabis mandi saya bersihkan dengan alkohol secara telaten kemudian ditutup dengan perban yang telah diolesi dengan bethadine..begitu setiap mandi..yang penting luka tetap bersih dan saya pun makan makanan yang berprotein tinggi seperti telur dan daging agar jaringan otot yang baru lebih cepat tumbuh mas Rendy..segitu saja yang saya tahu mas..semoga bermanfaat..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau tanya, daerah luka sehabis mandi dibersihkan dengan alkohol? Seingat saya, saya disuru bersihkan dengan NaCL.. apakah efeknya berbeda tdk ya?

      Hapus
  5. sama mas saya juga beli pembalut kok hahaha,,,,ada pantangan makan ga mas ? oh kirain saya telur tidak boleh dimakan, kan sering denger telur membuat bisul hahaha slah persepsi ternyata saya.

    BalasHapus
  6. skalian sehari mas brp kali biasanya berendam pake air pk ? makasih

    BalasHapus
  7. saya rendam itu dua kali sehari mas..pake air hangat kuku yang dicampur dengan garam..menurut dokter air rendaman garam dapat mempercepat proses penyembuhan lukanya mas.. :)

    BalasHapus
  8. Berapa biaya operasi tersebut?perlu berapa kali operasi dan apakah dijamin sembuh total?
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. klo untuk biaya pengobatan sekitar 13 jt tapi itu belum termasuk akomodasi..untuk jaminan sembuh total saya tidak berani menjamin,,kita hanya berusaha..tetapi Tuhan yang memutuskan.. akan tetapi saya sendiri sudah tidak memiliki masalah lagi setelah menjalani pengobatan di MMC.. terima kasih..

    BalasHapus
  10. Boleh diinfo berapa dalam dan lebar luka sehabis operasinya (tidak dijahit bukan?) Boleh diperjelas lagi bentuk luka yang tidak ditutup itu sehabis operasi seperti apa? Saya sudah tiga kali masuk ruang operasi karena luka yang dibagian dalam tidak mau menutup,yang menutup malah luka bagian luar sehingga hrs operasi lagi. Perawatan luka kita bersihkan dan rendam. Dan sudah ganti dua kali sehari spt saran dokter.

    BalasHapus
  11. lukanya cukup besar dan dalam tapi itu memang proses penyembuhan untuk mengganti jaringan yang rusak dengan jaringan baru yang lebih muda dan sehat..untuk perawatan pasca operasi saya memastikan bahwa luka itu harus selalu dalam keadaan bersih dengan merendamnya dengan air garam dan antibiotik yang kemudian ditutup dengan kain kasa yang sudah diolesi dengan betadine..sehingga pertumbuhan jaringan otot pada bekas luka dapat tumbuh dengan sempurna..semoga bermanfaat.. wassalam..

    BalasHapus
  12. Mas klo boleh tau berapa lama jarak saat merasakan sakit fitulas hingga memutuskan utk di operasi,.

    BalasHapus
  13. saya sudah termasuk terlambat karena mulai berobat ketika penyakit ini sudah setahun lebih diidap oleh saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum. Mas bolehkah saya minta nmr telp ? sy mau tanya beberapa hal. semoga yang maha kuasa membalas kebaikan anda dengan diberi kesehatan selalu dan sukses dunia akherat. amin

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. ada benang setonnya gak mas? klo ada putus benangnya sampe brapa hari?

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb. mas, boleh kah saya minta no tlpn mas. Soalnnya saya mau tanya" . Semoga ALLAH SWT membalas kebaikan mas. Wssalam

    BalasHapus
  16. Bisa minta nomor hp nya mas,,berhubung sy juga skt spt itu mas sdh pernah di operasi tapi kambuh lg

    BalasHapus
  17. Oprasi fistula bisa 3-4 x oprasi dan tingkat kesembuhanya 30% saya sudah banyak men angani orang sudah oprasi fistula tapi masih sakit bahkan mau bab saja masih keluar darah segar...anda ingin sembuh total 1-3 bulan ke depan tanpa oprasi hub 085361675232/7cb2b113

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. assalamualaikum.. mas yang bikin artikel.. saya juga mengalami penyakit yang sama dan baru baru ini saya baru menjalani oprasi di salah satu RS di bandung.. dan sekarang minggu ke2 masa penyembuhan setelah oprasi.. saya ingin menanyakan apakah sampai hari ini anda tidak merasakan gejala kambuh lagi?
    dan saya ingin menanyakan.. bagaimana anda menjaga kesehatan anda agar tidak kambuh lagi?
    mohon untuk segera di bales..
    semoga yang mengalami hal yang sama segera di sembuhkan dan tidak mengalami nya lagi..
    Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam..Lalhamdulillah sejak saya menjalani operasi pada tahun 2010 hingga saat ini saya tidak mengalami gejala2 kambuhnya fiatula ani saya..hal yang paling penting untuk dijaga adalah kebersihan pada bekas operasi dan pastikan bekas luka operasi tidak mengalami infeksi. Untuk perawatan sehari2 saya rendamkan bekas luka operasi pada baskom yang berisikan air hangat yang di campur garam selam sekitar 15 menit..kemudia saya beraihkan kembali dengan alkohol untuk meastikan keberaihan bekas luka tersebut..terima kasih wassalm :)

      Hapus
    2. Assalamau alaikum...

      Saya andi 40tn jg menderita fustula para anal...
      Tlg 2 maret 16 sy dioperasi fistula pengankatan jaringan fustula di dekat anus dibawah biju zakar saya...
      Sehabis operasi g ada rasa sakit 3 hr d rs.bs plg tggal tggu kering bekas jahitan sj..pas sebulan hbs operasi sy msk krj sy kerja sbgai driver di sebuah perusahaan...
      Tetapi seminggu kerja sy demam tunggi trus bekas operasi sy bengkak tg hr demam bekas operasi yg bengkak meletus...
      Akhirx istriku bawa k IGD nah lsg rawat inap...3 hr brikutx tgl 3 april sy d operasi lg yg kedua kalix.operasi kedua ini ttap d jahit tp pas 3 hr hbs operasi jahitan luarx d buka.d biarkan menganga...3 hr kmudian jahutan yg d dlm terurai kluar kyk karet.dan sy bw k dokter benang yg kyk kater it d buka....
      Dan smpe skrg saya msh prises penyembuhan pasca operasi kedua...tp sakitx luar biasa..bahkan skrg rasax fistulax gagal lg soalx tiap hbs berendam PK..istriku mau kasi perban ada lbang lg sebesar cottonbut dan parahx lg BAB lwt stu....
      Yg mau sy tanyakan apakah mmg bgtu prosesx?
      Mohon bagi ilmux agar perawatanx bs segera pulih dan bs kerja lg...
      Terimah kasih..
      Wassalam ..

      Hapus
    3. Coba hub dr yusuf...mungkin beliau tau...dan bisa kasih solusi...

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dok trimaksih...penyakit kami sudah sembuh...obat nya cocok dan top cer...asli ya dok tanpa oprasi...ini sudah gak sakit lagi...

      Hapus
    2. Salam bisa saya tahu apa itu cocok Dan top cer...asli...???

      Hapus
    3. iya pak...top cer obat nya...saya sudah sembuh ni...saya dulu juga sudah 8x oprasi...gaksembuh dng obat dr yusuf bisa sembuh...

      Hapus
    4. iya pak...top cer obat nya...saya sudah sembuh ni...saya dulu juga sudah 8x oprasi...gaksembuh dng obat dr yusuf bisa sembuh...

      Hapus
    5. Alhamdulillah selamat bagi yang sudah sembuh dan harap br sabar bagi yang belum di beri kesembuham, jaga pola makan nya dan minum obat tratur,jaga kebersihan nya, jangan banyak pikiran dan istirahat cukup, jangan lupa br doa.

      Info: Bagi yang mau brobat dan konsultasi via on line harap melaui washapp saja.
      Kirim nama lengkap + umur + alamat + dan keluhan nya + tujuan menguhubgi saya.

      Insyah allah saya jawab bila saya ada waktu.

      Harap jaga etitud nya.
      ( dr.M yusuf )
      Trimakasih

      Hapus
    6. Selamat siang dokter,bolehkah saya meminta nomer wa yg bisa dihubungi.ssat ini suami saya mendetita fistula ani sdh operasi,tapi dokter menyarankan harus operasi lagi.kami berharap boleh mendapatkan pengobatan dari dokter yanpa operasi🙏🙏

      Hapus
  21. Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA danang : +6281 331777697
    Line tasya : +6281 4026 2166
    Phone firda: +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  22. Saya juga habis di oprasi fistula tgl 20 april 17,sekarang lukanya blm sembuh tiap 3 hri saya kontrol ke rs dan kata dokter lukanya sdh bgus jdi akan di jahit.dokter saranin agar kasa yg buat tambal luka di rendam air impus trs di kasih madu murni dan lukanya di ksh betadin

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Dok....alhamdulillah..
    sekarang adik sepupu saya sudah hampir sembuh....tidak keluar nanah lagi dan luka ny sudah mau kering insyah allah 2minggu lagi sudah sembuh..amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah selamat bagi yang sudah sembuh dan harap br sabar bagi yang belum di beri kesembuham, jaga pola makan nya dan minum obat tratur,jaga kebersihan nya, jangan banyak pikiran dan istirahat cukup, jangan lupa br doa.

      Info: Bagi yang mau brobat dan konsultasi via on line harap melaui washapp saja.
      Kirim nama lengkap + umur + alamat + dan keluhan nya + tujuan menguhubgi saya.

      Insyah allah saya jawab bila saya ada waktu.

      Harap jaga etitud nya.
      ( dr.M yusuf )
      Trimakasih

      Hapus
  25. Alhamdulillah saya sudah di beri kesembuhan dari penyakit fistula ani...
    Prkenalkan nama saya susanto, saya tr kena fistula 5 bulan yang lalu, saya di sarankan untuk melakukan oprasi , karna kata dokter ny ini harus oprasi segera, saya dengar kata oprasi langsung down dan stres, karna kalau saya oprasi pasti saya bisa di keluarkan dari pabrik karna habis oprasi kata dokter nya sekitar 2 atau 3 bulan proses penyembuhan ny.
    Saya kerja di pabrik es batu sebagai supir, kalau saya oprasi otomatis saya di gantikan ke orang lain.
    Saat itu saya pusing harus gimana, akhir nya saya cari cari solusi tentang pengobatan fistula tanpa oprasi, yang banyan iklan jely gamat dan ace max, saya pun mencoba jely gamat dan ace max selama 3 bulan tapi gak ada reaksi apa pun...di situ saya tambah stres lagi karna tak kunjung sembuh dan saya pun cari lagi cara mengobati fistula saya, sampai saya ada masuk groub para penderita fistula tapi tetep ujung ny di suruh oprasi dan biaya nya 15 juta mana ada uang saya segitu , dan lagi pula kalau saya oprasi saya bisa kehilangan pekerja an.
    Sampai satu titik saya lihat dan pr hatikan ada orang yg sembuh tanpa oprasi oleh dr yusuf, saya mencoba menghubungi beliu lewat washap walau pun banyak orang yg di groub fistul bilang dr yusuf gak bener lah , obat nya mahal lah dll.... tapi saya mencoba menghubungi beliau untuk konsultasi dan minta tolong dng beliau , karna beliau juga dulu nya ada riwayat fistula dan bisa sembuh tanpa oprasi.
    Tr nyata dr yusuf tak seburuk yg di kata kan mereka
    Beliau orang ny ramah dan baik...
    Dan saya di saran kan untuk jaga pol makan , kebersihan dan minum obat beliau selama 3 bulan...
    Obat nya ada 3 macam
    Dan saya di saran kan ambil yg paling murah yaitu yg 600 ribuan untuk di kosumsi selama 2 minggu obat nya ada 4 macam
    Dan saya pun setuju.
    Dan selama 1 bulan saya kosumsi fistula saya mengecil dan kering.
    Tidak keluar nanah lagi dan bab saya juga sudah lancar .
    Sekarang fistula saya sudah menutup kering.
    Fuji sukur saya bisa sembuh dng dr yusuf selama 1 bulan
    Padahal beliau bilang 3 bulan biasa nya...
    Tapi memang kalau allah kasih kita ijin sembuh langsung sembuh dan tampa oprasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang sarani untuk brobat dengan dr yusuf, tapi katanya obat nya mahal sama beliau, dan beliau juga mantan penderita fistula juga.
      Saya juga lagi brobat dengan beliau, ya wajar mahal karna kesehatan itu mahal harga nya.

      Hapus
  26. Ini ke saksian saya sembuh dng dr yusuf
    Tanpa ada di buat buat dan unsur lain ny
    Hanya ingin membantu dan meyakini para penderit yg belum sembuh dan takut oprasi...
    No wa saya 0895611566600 kalau mau tau info saya
    Dan yang belum sembuh coba brobat dng dr yusuf
    Pasie beliau banyak yg sembuh bahkan ada yg di luar negri sprti malaysi , arab dan canada...
    Semoga kesembuhan saya bisa menjadi solusi dan harapan buat yg lain amin... susanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ... Trimakasih pak.... Saya juga sudah sembuh melalui obat resep khusus dari beliau

      Hapus
    2. Trimakasih Atas Saran saudara...
      ALHAMDULILLAH saya sudah sembuh semenjak saudar rekomendasi Kan untuk brobat ke dr yusuf, saya langsung menghubungi beliau lewat wa dan langsung saya pesan obat resep beliau Saja karna saya yakin bisa sembuh ya kalau mau ketemu langsung gak sanggup karna jauh banget dan kondisi juga tak memungkinkan ALHAMDULILLAH 2 resep sudah sembuh...

      Hapus
    3. Boleh minta no WA nya dokter yusuf mohon Bpk ibu yg punya no WA nya.... Saya takut operasi lagi.... Sudah 4 minggu habis drainase abses tapi luka belum kering n msh keluar cairan... Bahkan sudah 2 hari ini setiap BAB keluar darah agak banyak dari lubang bekas abses.. Pdhal BAB nya tdk keras dan tdk ngeden. Tolong infonya..

      Hapus
    4. Ini nomor Dr yusuf nya... Ini saya lagi Ingin brobat dengan beliau. Saya sudah konsultasi dan sudah pesan obat racikan beliau. Insyah Allah saya bisa sembuh juga seperti yang lain tanpa oprasi amin.
      No dokter yusuf 0853-6167-52-32

      Hapus
    5. Alhamdulillah selamat bagi yang sudah sembuh dan harap br sabar bagi yang belum di beri kesembuham, jaga pola makan nya dan minum obat tratur,jaga kebersihan nya, jangan banyak pikiran dan istirahat cukup, jangan lupa br doa.

      Info: Bagi yang mau brobat dan konsultasi via on line harap melaui washapp saja.
      Kirim nama lengkap + umur + alamat + dan keluhan nya + tujuan menguhubgi saya.

      Insyah allah saya jawab bila saya ada waktu.

      Harap jaga etitud nya.
      ( dr.M yusuf )
      Trimakasih

      Hapus
  27. Kalau saya sembuh dari fistula setahun yang lalu setelah rutin brobat dng temannys teman saya yang ke Betula beliau Seorang stap medis di puskesmas dan dia juga buka pengobatan dengan konsep trpadu komplementer. Ini kita saya, Sebelum saya brobat ke beliau saya sudah masuk ke groub wa yang hampir rata rata menarankan harus oprasi. Dan Mereka hampir semua menyarankan operasi ke dr panji yang Mereka elu elu Kan. Dan saya juga sudah hub dr panji nya dan tr nyata dr panji tidak sanggup lagi menangani penyakit fistula saya. Kata nya sudah parah, dan jalan Satu Satu nya saya harus di pindahkan Saluran anus saya. Mendengar itu saya Jadi Lemas karna kalau sampai itu tr Jadi saya harus pensiun dini, dan yang pastinya ekonomi saya jadi berantakan.
    Saya pasrah dengan penyakit saya Ini.
    Karna saya tidak mau di oprasi pindah Saluran pembuangan.
    Saya setiap hari hanya bisa br doa dan memohon di beri petunjuk untuk memperoleh kesembuhan.
    Dan akhirnya Saat saya ikut majelis taklim rutin saya mendapat petunjuk.
    Saya di Sarankan oleh teman untuk brobat ke teman nya yang bisa membantu menyembuhkan penyakit fistula saya.
    Dan akhirnya saya berangkat ke tempat beliau dengan teman saya itu.
    Sesampai di sana saya istirahat di hotel sambil menunggu teman nya teman saya itu pulang dinas.
    Dan setelah ketemu beliau priksa saya.
    Dan beliau bilang kalau kamu mau sabar dan ikuti Saran saya insyah allah bisa sembuh.
    Dan saya pun mulai brobat dng beliau, saya minum obat racikan beliau dan menjalankan pantangan serta Saran beliau.
    Selama 4 Bulan saya brobat dng beliau akhirnya lobang fistula menutup, dan tidak keluar Nanah lagi dari anus.
    Ini sudah setahun saya sudah sembuh dan tidak kambuh lagi. Dan tidak Jadi oprasi.
    Buat saudara yg mengalami Sama seperti saya, atau yang tidak mau oprasi fistula bisa mencoba brobat dng beliau. Ya mudah mudahan bisa sembuh seperti saya.
    Ini no teman nya teman saya itu,
    0822_9423-8289 Coba brobat dng beliau, bisa datang langsung ketemu beliau atau pesan obat nya saja juga bisa. Tapi Saran saya kalau sudah brobat dengan beliau nanti rajin konsultasi dengan beliau.
    INI BUKAN PROMOSI, TAPI SAYA HANYA BR BAGI CERITA PENGALAMAN PRIBADI SAYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No HP nya sy WA tdk terkirim

      Hapus
    2. Lah kok bisa?
      Saya aja bisa wa dan telp beliau

      Hapus
    3. Alhamdulillah selamat bagi yang sudah sembuh dan harap br sabar bagi yang belum di beri kesembuham, jaga pola makan nya dan minum obat tratur,jaga kebersihan nya, jangan banyak pikiran dan istirahat cukup, jangan lupa br doa.

      Info: Bagi yang mau brobat dan konsultasi via on line harap melaui washapp saja.
      Kirim nama lengkap + umur + alamat + dan keluhan nya + tujuan menguhubgi saya.

      Insyah allah saya jawab bila saya ada waktu.

      Harap jaga etitud nya.
      ( dr.M yusuf )
      Trimakasih

      Hapus
  28. Saya Dr yusuf lulusan Fak uisu Medan.

    Mengenai penyakit fistula ani memang pada dasarnya selama ini pengobatan nya hanyalah dengan cara pembedahan saja.

    Saya pribadi merasakan tr kena fistula ani tetapi saya tidak mau operasi di Karna kan mengingat tugas saya yang banyak dan takut tr Bengkalai. Selama saya menderita fistula saya hanya menjaga pola makan, kebersihan, merawat luka fistula ani saya, dan minum obat anti biotik, vitamin dan racikan secara teratur dan itu saya lakukan selama 3 bulan rutin dan alhamdulillah sembuh tanpa operasi dan saya sangat tr kejut dan senang bisa sembuh tanpa oprasi
    ( mungkin ini rezeki saya bisa sembuh dari fistula ani tanpa operasi)

    Dan selama ini saya juga sudah banyak menangani para penderita fistula dari yang jenis sampe simpel - komplek dan bahkan sampai ada yang kronis berat karna gagal operasi.

    Dan dari sekian banyak penderita fistula yang saya tangani ada beberapa yang beruntung bisa sembuh juga tanpa operasi seperti saya dan ada juga yang tidak beruntung dan harus menjalani operasi fistula ani.

    Jadi pesan saya bagi yang masih menderita fistula ani jaga pola makan nya.
    Kalau mau operasi silahkan segera lakukan operasi dan ingat selama pasca operasi lakukan lah perawatan lukanya dengan baik dan benar agar tidak tr jadi operasi br ulang dan tidak tr jadi infeksi fatal seperti pasien pasca operasi yang pernah saya tangani seperti pak Rizal dll...

    Jadi pada intinnya kesembuhan itu datang nya dari sang pencipta ( Allah swt).
    Untuk obat yang saya pernah saya konsumsi dan saya berikan kepada pasien saya selama ini itu hanya syariat / perantara saja. Yang menentukan kesembuhan itu hanya Allah swt.


    Dan untuk obat nya itu Sendiri prifasi saya.
    Bagi yang ingin konsultasi atau ingin tebus obat nya silahkan washapp saya
    Ini No wa saya yang bisa di hubungi
    0853-6167-5232.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya WA dokter itu dok... Mau konsul kalo boleh... Makasih

      Hapus
    2. YA COBA TELPON LANGSUNG KALAU MAU BROBAT AMA DOKTER YUSUF...
      BELIAU HANYA MELAYANI HANYA YANG MAU BROBAT...TR KECUALI ANDA HANYA MAU TANYA TANYA NAMA OBAT NYA APA SOLUSINYA APA PASTI BAKAL GAK DI LAYANI.PASIEN BELIAU BANYAK DI LUAR KOTA BAHKAN ADA YANG DI LUAR NEGRI SEPERTI MALAYSIA. SAYA SENDIRI SUDAH BROBAT DENGAN BELIAU DAN ALHAMDULILLAH SUDAH SEMBUH.

      Hapus
    3. Alhamdulillah selamat bagi yang sudah sembuh dan harap br sabar bagi yang belum di beri kesembuham, jaga pola makan nya dan minum obat tratur,jaga kebersihan nya, jangan banyak pikiran dan istirahat cukup, jangan lupa br doa.

      Info: Bagi yang mau brobat dan konsultasi via on line harap melaui washapp saja.
      Kirim nama lengkap + umur + alamat + dan keluhan nya + tujuan menguhubgi saya.

      Insyah allah saya jawab bila saya ada waktu.

      Harap jaga etitud nya.
      ( dr.M yusuf )
      Trimakasih

      Hapus
  29. JANGAN MAU BILA DI SARANKAN OPRASI FISTULA... KALAU PUN ANDA INGIN OPRASI COBALAH ANDA PIKIR PIKIR 1000X...
    SOALNYA TADI SAYA KETEMU ORANG YANG JUGA TRKENA FISTULA JUGA DI RUMAH SAKIT SAAT JENGUK FAMYLI SAKIT DI RUMAH SAKIT.
    DI CERITA KALAU DIA SANGAT MENYESAL OPRASI FISTULA, GARA GARA OPRASI INI DIA DI PECAT DARI PERUSAHAAN NYA DAN SEKARANG LUBANG PEMBUANGAN /ANUS DI PINDAHKAN KE PINGGANG. KATANYA AWALNYA HANYA LOBANG KECIL FISTULA NYA TAPI GARA GARA OPRASI JADI MAKIN PARAH DAN SAMPAI SALURAN PEMBUANGAN /ANUS DI PINDAHKAN KE PINGGANG... SAYA SANGAT SEDIH LIHAT NYA TADI... JADI BUAT YANG LAIN KALAU MAU OPRASI SEBAIKNYA PIKIR 1000X DULU DARI PADA NANTI MAKIN PARAH.
    INI SERIUS.
    LEBIH BAIK BROBAT SAJA KE MANA PUN DARI PADA HARUS OPRASI SARAN SAYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ada tempat berobat herbal yg bpk tahu? Kalau ada tolong di info pak,,
      Terimakasih sebelumnya...

      Hapus
  30. Halo kak.. setelah membaca blog kakak, akhirnya saya memantapkan hati untuk melakukan operasi fistula. Kemarin saya dioperasi oleh dr. Francis Weng Keong Yip. Dokter ramah dan menjelaskan dengan detail ketika konsultasi. Doakan saya ya kak semoga saya bisa selalu menjaga kebersihan pasca operasi dan penyakitnya sembuh total.

    Terima kasih sudah memberikan sharing yang bermanfaat. Semoga kakak dan keluarga selalu menjadi berkat bagi sesama. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai jenny saya jg operasi sm dr francis bln oktober lalu, gmn kondisi setelah operasi? Biar bs sharing pengalaman, pny saya masih dlm tahap penyembuhan jg

      Hapus
    2. Hai jenny, bolehkah berbagi informasi proses operasi dengan dokter Francis? Dan pasca operasinya bagaimana karena saya bru sebulan ini mengidap fistula ani

      Hapus
    3. Halo teman2.. sori baru balas..

      @saint kondisi lobang groak hari ini H+29 masih dalam keadaan aman terkendali gan.. hehe..

      Pada awalnya, sy mengikuti petunjuk perawatan yg diajarkan oleh perawat RS.. sy juga dpt obat antibiotik dan anti nyeri dari RS ketika pulang ke jkt, tp karena alergi, sy stop obatnya di H+4. Sy sudah konfirmasi dulu ke RS, katanya di-stop aja obat minumnya, gpp, krn kondisi luka terakhir dlm keadaan baik (tdk ada kanker/infeksi/hal lain nya)

      Oh ya, ini perawatan yg saya lakukan selama H+2 sampai H+10.

      1. Rendaman dengan air hangat + 2 sendok garam dapur setiap pagi dan sore (ketika mandi), dan setelah BAB.

      Kasa yg disisip ke dalam lobang, jangan langsung ditarik.. rendam dulu sbntr dgn air hangat, 2-3 menit, baru perlahan2 ditarik, agar lengketan kasa-nya tidak membuat luka di lobang/daging.

      2. Bersihkan bagian lobang dengan NaCl secara perlahan. Bisa pakai kapas bulat2 yg uda dicelup ke Nacl (diajarin perawat) atau bisa pakai semprotan agar lobang tidak kena gesekan/terjadi luka lagi (saran dari dokter)

      3. Setelah itu sisip kasa ke dalam lobang. Kasa tsb sudah dicelup ke betadine yg diencerkan dgn sedikit Nacl.

      4. Plester kasa dalam dengan kasa luar, agar bersih dan lebih aman dari bakteri

      Sy melakukan cara ini selama kurang lebih 9-10 hari. Sampai akhirnya ada tanda2 kurang nyaman di H+10.

      Dari lobang keluar cairan lengket yg agak mengalir, sedikit nanah dan berbau. Bdn kurang enak, agak2 kayak mau meriang.. Pdhl sebelum2nya tidak seperti ini..

      Sebelumnya, dari lobang hanya keluar cairan radang, berwarna kuning, tdk berbau, dan ini wajar selama luka belum menutup..

      Akhirnya sy telp ke RS utk konsul mengenai kondisi sy dan perawat dr.Francis menyarankan sy utk cek dahulu ke dktr bedah terdekat di jkt. Takutnya infeksi..

      Dan akhirnya sy konsul ke dr. Tony Sukentro, di RS Omni Pulomas, utk dilihatkan lobang sy. Dktr bilang keadaan lobang sdg infeksi dan radang. Akhirnya dokter bukain resep antibiotik, anti radang dan anti nyeri. Plus ada salep racikan utk dioles ke kasa yg mau disisip. Kasa + betadine + salep racikan (mebo oint + sagestam + bionect)

      Dr. Tony menyarankan sy utk melakukan rendaman dengan pk (kristal berwarna ungu) setiap pagi dan sore + setelah BAB. Kadang rendaman pk saya ganti dengan rendaman air hangat + 10 tetes betadine

      Setelah minum antibiotik dll, luka sy kembali ke kondisi awal. Skg saya sedang melanjutkan perawatannya seperti di awal. 😄😄 Hanya saja berbeda di bahan rendaman dan kasa yg disisip..

      Tgl 2 Des,sy baru kontrol dgn dokter Francis.. kata dokter keadaan lubang bagus dan lanjutkan perawatannya (sy sudah konsul cara perawatan sy yg terbaru)..sebenarnya dr Francis kurang setuju rendaman dgn betadine. Sy tanya knp.. dktr bilang byk pasien yg keluhkan gatal2 dan iritasi. Sy bilang ke dktr, sy tidak ada tanda2 gatal.. jadi sy lanjutkan dulu ya dok.. nanti kalo gatel, sy baru balik ke rendaman dengan garam 😂😂


      Hapus
    4. @saint agan sendiri bagaimana keadaan luka nya? Sudah lebih baik? 😄

      Kalo saya selama masa penyembuhan ini, sy jaga makanan dulu. Berikut info2 yang sy dapat dari Grup WA Fistuler Indonesia. Hindari dulu makan cabe, lada, seafood, telur (kuningnya), kambing, santan, kacang mede, kacang tanah, lemak2 dan makanan yg bisa membuat BAB keras (mie instant)

      Untuk buah2an, sy makan pepaya, melon dan alpukat. Dan makan buah sebelom makan nasi ya.. sejauh ini BAB sy lancar dan tdk sakit (1 hari 1x)

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  31. Oya, beda orang, beda kondisi tubuh. Sistem kekebalan tubuh sy sepertinya kurang baik. Mudah infeksi..

    Saat ini sy juga mengkonsumsi albusmin (ekstrak ikan gabus) + vitamin utk meningkatkan daya tahan tubuh..

    BalasHapus
  32. Trimakasih atas saran nya... Alhamdulillah kami sudah brobat dengan beliau walaupun jarak jauh. Trimakasih juga buat dokter yusuf atas perhatian dan saran dan obat racikan nya dan bimbing an nya... Alhamdulillah pasien nya yaitu Bapak saya yang mengidap FISTULA ANI sudah sembuh dan sehat... Ini sudah ber jalan 1 tahun tidak ada masalah... Semoga dokter yusuf nantinya bisa selalu menjadi perantaran kesembuhan pasien FISTULA ANI lainnya TANPA OPRASI amin...
    Buat saudara sekalian yang lagi mencari kesembuhan saya rekomendasi brobat lah dengan dokter yusuf insyah Allah bisa sembuh juga amin... Ini nomor beliau bila saudara Ingin brobat dengan beliau 0853-6167-52-32

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah selamat bagi yang sudah sembuh dan harap br sabar bagi yang belum di beri kesembuham, jaga pola makan nya dan minum obat tratur,jaga kebersihan nya, jangan banyak pikiran dan istirahat cukup, jangan lupa br doa.

    Info: Bagi yang mau brobat dan konsultasi via on line harap melaui washapp saja.
    Kirim nama lengkap + umur + alamat + dan keluhan nya + tujuan menguhubgi saya.

    Insyah allah saya jawab bila saya ada waktu.

    Harap jaga etitud nya.
    ( dr.M yusuf )
    Trimakasih

    BalasHapus
  34. No nya dr yusuf sdh ganti ya....
    Soalnya tdk bisa di hubungi.

    BalasHapus
  35. Nomorsaya masih aktif... silahkan hubungi saya langsung

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Selamat siang teman2 semua, perkenalkan sebelum nya, saya Rini, saya juga mantan penderita fistula ani, saya mau coba share pengalaman sakit saya, mudah2 an bisa membantu teman2 yg sedang berjuang juga dalam penyembuhan penyakit fistula ini, ini sakit yg bener2 bikin depresi, bikin kualitas hidup saya turun, mau aktivitas jadi terganggu gara2 ini panyakit,

    langsung aja jd awal nya saya kena penyakit ini thn 2020 Januari, awal nya saya bab suka sakit, nyeri gitu, trus lama kelamaan ada kayak bisul di sekitar lubang anus saya, saya kira bisul biasa, saya diemin aje sampai bulan maret pecahlah itu bisul, sakit nya luaaar biasa guyss,, sampai nangis aku 😭, maklum cewe guys, nanah keluar di celana dalam saya, dan ada sdikit darah juga, saya masih kira ini bisul biasa yg pecah, saya diemkan sampai april kok ga sembuh2, dan hampir tiap hari keluar nanah, duduk juga sakit, mana mesti kerja juga lagi di kantor nahan sakit, dan kebetulan di kantor juga ada yg pernah ngalamin penyakit ini, dia cerita dulu di operasi, tapi gagal operasi nya sampai 3x habis 90 jt an, dan skrg katanya makin parah, karena bekas operasi luka nya banyak infeksi jadi nya, kasian juga sii temen saya sampai resign dari kantor nya....

    dan akhir nya saya mampir ke kaskus untuk mencari informasi mengenai penyakit ini, untuk mencari alternatif penyembuhan tnp operasi, yaa mungkin sudah jalan nya kali ya, saya baca satu postingan yg kasih referensi dokter prawira, katanya banyak pasien beliau yg sembuh dari fistula tanpa operasi, dan yg belum sembuh pun sudah sangat mendingan, at least sudah bisa beraktivitas kembali dengan minim gangguan....singkat cerita saya coba kontek beliau, orang nya baik, ramah dan mau menjawab pertanyaan kita, biasa dokter2 suka pelit informasi, beliau dulu praktek di RS Jakarta, semenjak covid beliau di luar kota, singkat cerita saya ceritakan semua penyakit saya, kemudian dokter nya mengirimkan satu paket obat yg terdiri dari 3 macam obat, untuk 10 hari dosis nya, saya minum, dan sakit saya pun perlahan mulai sembuh, yg biasa nya BAB sakit banget, ini sudah tidak sakit, dan perlahan jaringan2 kulit nya juga mulai numbuh dan menutup, butuh 6 bulan saya akhir nya sembuh, jadi di April saya minum obat untuk 10 hari, kemudian 2 minggu berikut nya saya dikasih obat lagi yg sama untuk dosisi 10 hari lagi, jadi beliau itu sibuk bgt guys, obat nya saya dikirim pakai ekpedisi, total abis 1.2 jt untuk 1 paket obat nya, yaa lumayan murah bagi saya, dari pada saya harus operasi sampai puluhan juta yg belum tentu berhasil jg. ini no WA dokter nya O812 I337 0I27
    mudah2 an kita semua diberi kesembuhan dari penyakit ini...

    BalasHapus