Senin, 28 Februari 2011

Perawatan Pasca Operasi

Tidak banyak yang harus dilakukan pasca menjalani operasi fistula ani, dokter berpesan agar luka bekas operasi tetap dijaga kebersihannya dan tetap memakai anti biotik yang telah diberikan secara teratur, lubang yang menganga bekas operasi haruslah ditutup dengan kain kasa steril yang telah diolesi denga bethadine, yang kemudian ditempel dengan perban agar kain kasa tersebut "terkunci" dan menjaga ke-steril-an luka bekas operasi, namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum memasang kain kasa ini, luka bekas operasi harus lah direndam terlebih dahulu dengan  air garam selama kurang lebih lima belas menit untuk memastikan kebersihan luka tersebut, karena perawatan selama pasca operasi prioritasnya adalah menjaga kebersihan bekas luka agar tidak terjangkiti bakteri yang mungkin akan mengambuhkan penyakit ini dikemudian hari. Hal ini lah yang mungkin menyebabkan banyak penderita fistula ani yang mengalami kekambuhan pasca operasi.
ilustrasi fistula ani

33 komentar:

  1. klo boleh tau..direndamnya dengan cara apa mas? apa kassa steril direndam air hangat cmpr grm atau disemprotkan ke lubang fistul yg dioperasi atau merendam (maaf) pantat ke baskom isi air hgt cmpr garam?

    BalasHapus
  2. Salam kenal mas,,
    Numpang nanya sikit
    setelah paskah operasi (dalam hal ini proses penyembuhan), ada egk larangan egk usah menggunakan sepeda motor, selama proses penyembuhan.
    boleh masa konsultasi langsung.
    saya domisili di pekanbaru kota
    0823 7550 8554

    BalasHapus
  3. Saya dan isteri kena anal fistula tetapi sudah sembuh selepas makan buah jeruju , nama sains nya Acanthus ilicifolius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa biji buah jerujunya dan sembuh sampe brm lama

      Hapus
    2. Berapa biji buah jerujunya dan sembuh sampe brm lama

      Hapus
    3. Berapa biji buah jerujunya dan sembuh sampe brm lama

      Hapus
  4. Oprasi fistula bisa 3-4 x oprasi dan tingkat kesembuhanya 30% saya sudah banyak men angani orang sudah oprasi fistula tapi masih sakit bahkan mau bab saja masih keluar darah segar...anda ingin sembuh total 1-3 bulan ke depan tanpa oprasi hub 085361675232/7cb2b113

    BalasHapus
  5. Ini kisah saya yang br tempur melawan fistula ani yang menyakitkan...
    Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal...disertai demam...sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa...dan saya di anjur kan untuk brtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh...tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik di meuraxa banda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi...dalam hati saya wah gawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkan fistula...saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nya bisa sembuhkan fistula...tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol....!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan...dia menganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat mujarab...akan tetapi prouduk nya 3-6 macam dengan harga yang cukup mahal...wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya...ya akhir nya saya coba juga... Dan ambil yang paket buster karna saya ingin cepat sembuh karna ini sangat menyiksa saya...3 bulan saya demam dan tak bisa bekerja dan pada akhir nya alham dulillah baru 6 minggu saya minum hasil nya gila!!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi...tapi makanan juga harus di jaga juga...bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh secepat nya kita bisa sharing...ini no saya...hp 085361675232 & bbm 7cb2b113... Trimakasih semoga ada pencerahan buat kita semua. Senang bisa saling membantu sesama penderita fistula...AMIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon info paket obatnya pak dokter yusuf. Trksh

      Hapus
    2. Mohon info paket obatnya pak dokter yusuf. Trksh

      Hapus
    3. Maaf ya...
      Kalau saudara br tanya nama obat nya apa saya tidak bisa memberi tau...karna itu privasi pribadi saya.
      Kalau saudara mau br ikhtiar dengan saya , silahkan wa saya.
      085361675232

      Hapus
  6. Assalmkum.. Kepada yg berkhendak penawar fistula boleh hubungi saya whatssap 0134268897

    BalasHapus
  7. Assalmkum.. Kepada yg berkhendak penawar fistula boleh hubungi saya whatssap 0134268897

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah senang sekali mendengar pasien saya yang sudah sembuh dari fiatula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass.. slamat malam dok, mau tnya resepnya apa yah? Trima ksh

      Hapus
    2. Aku penderita fidtula,apa yg harus ak lakukan dok biar sembuh?

      Hapus
    3. Maaf ya...
      Kalau saudara br tanya nama obat nya apa saya tidak bisa memberi tau...karna itu privasi pribadi saya.
      Kalau saudara mau br ikhtiar dengan saya , silahkan wa saya.
      085361675232

      Hapus
  9. Mau tanya, apakah dari lubang bekas operasi bisa mengeluarkan darah mati? Soalnya saya rasain gitu. Apa benar itu? Atau apa jahitan bekas operasinya yg terbuka? Mohon dijawab

    BalasHapus
  10. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah...saya akhirnya bisa sembuh setelah 4 tahun mengidap fistula ...berkat kosumsi resep obat dr.yusuf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resepnya apa pak ? Trima ksh

      Hapus
    2. Maaf ya...
      Kalau saudara br tanya nama obat nya apa saya tidak bisa memberi tau...karna itu privasi pribadi saya.
      Kalau saudara mau br ikhtiar dengan saya , silahkan wa saya.
      085361675232

      Hapus
    3. Apakah dr yusuf ganti nomor? Karena no yg ada di atas tdk bisa di hubungi.

      Hapus
    4. Masih nomor yang lama beliau pak.

      Hapus
  12. Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA danang : +6281 331777697
    Line tasya : +6281 4026 2166
    Phone firda: +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  13. Mau tanya mas resep obatnya aman untuk orang yang sedang hamil tidak dan ada efeksampingnya tidak setelah mengkonsumsi obat tersebut



    Pengobatan Herbal Fistula Ani

    BalasHapus
  14. Brobat lah dng dokter yg br pengalaman di bidang nya... Jangan asal minum obat tanpa arahan dan bimbingan dokter...
    Sebelum minum obat konsultasikan dahulu ke dokter... Karna kalau tidak resiko jauh lebih besar dari pada apa yg anda harapkan... Hati hati dalam memilih dan meminum obat... Kalau pun ada oknum yg menjual obat harap hati hati... Konsultasikan dahulu dng dokter yg br pengalaman... Trimakasih

    BalasHapus
  15. Anal fistula ani juga bisa sembuh tanpa operasi tapi ya tr gantung dari kita nya sendiri.
    Mau sembuh tanpa operasi atau mau operasi itu pilihan masing-masing.
    http://fistulaanisembuhtanpaoprasi.blogspot.com/2021/05/fistula-ani-bisa-sembuh-tanpa-operasi.html
    Ini pengalaman orang yang sembuh tanpa operasi.
    Dan orang tersebut ada di Medan.

    BalasHapus
  16. Asallammuallaikum wr...wb...
    Menjawab dari beberapa pertanyaan pasien fistula ani.
    Apakah fistula ani hanya bisa sembuh hanya dengan oprasi saja???
    Apakah tidak bisa di sembuhkan tanpa operasi???
    Fistula Ani memang pada dasarnya harus dilakukan tindakan pembedahan karena itu di lakukan untuk mengambil track yang tr infeksi di bawah jaringan kulit dan otot, dan untuk tekhni oprasi tersebut bisa di lakukan dengan beberapa metode contoh seperti filac , laser dll..tapi apakah setelah dilakukan tindakan operasi fistula ani bisa terjadi kekambuhan? Jawaban nya iya bisa, bila salah penanganan pasca operasi dan tidak menjaga pola makan dengan serius dan tindakan operasi fistula Ani biasa dilakukan oleh Dr bedah umum atau Dr bedah disgetiv sesuai kompetensi masing masing.

    Pertanyaan ke dua apakah fistula ani bisa sembuh???
    Jawaban nya iya bisa, karna dari pengalaman pribadi saya sendiri yang penderita fistula ani yang sembuh tanpa operasi, saya hanya menerapkan metode menjaga pola makan, merawat luka yang tr infeksi dan minum obat rutin.
    Dan dari pengalaman saya selama menangani fistula ani ada yang sembuh cepat ada juga yang butuh proses lama tr gantung jenis fistula ani nya dan ridho Allah SWT.
    Banyak yang sudah sembuh tanpa operasi dengan saya seperti ibu ika Apriani, Bpk Rizal ,Bpk Asroni dll...
    Yang penting intinya kita manusia hanya bisa br usaha dan br doa selebihnya kita serahkan kepada Allah SWT...
    Jadi di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin demi Allah yang saya katakan itu sesuai pengalaman pribadi saya.

    BalasHapus
  17. Buat dokter jusuf...jika anda memang ingin membantu sesama bantu lah dengan sebaik mungkin...jangan sampai terkesan hanya berdagang obat2an...itupun kalau beneran anda dokter...saran saya buat temen2 carilah dokter bedah umum atau bedah digestive yang punya kompetensi khusus dalam penanganan fistula ani...ada dokter Tony sukentro sp.b di rs omni pulomas,,ada dokter eko prayitno sp.b digestive di rs beteshda....coba konsul ke dokter tersebut..bisa melalui online koq by whatssap...+62 878-8756-6315 ini nomer reservasi konsultasi nya dr tony sp.b ...jika ada pertanyaan saya akan coba bantu di email saya wijayasaktiabadi@gmail.com saya jg salah satu pejuang fistula,,dan baru selesai melakukan pembedahan fiatula menggunakan teknik laser filac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya anda bicara nya kok seperti itu?
      Saya tau anda marketing dari klinik dokter Tony.
      Tapi kenapa bahasa Anda seperti itu???
      Apa anda tidak di ajarkan tata Krama ???
      Saya dokter Yusuf, saya dokter umum sekaligus mantan penderita anal fistula yang bisa sembuh tanpa harus operasi.

      Bantu apa maksud anda?
      Apa saya harus memberitahu nama nama obat yang saya berikan kepada pasien saya yang sudah sembuh.
      ( MAAF ITU PRIVASI SAYA )
      kalau anda ingin memajukan klink Dr Tony saya harap jangan menyudutkan dan menjatuhkan orang lain.
      Br sainglah secara sehat.
      Ingat pasien dari Dr Tony yang gagal operasi di sana juga ada yang saya sembuh kan dan itu tanpa operasi ulang.

      Saya bukan orang hebat atau luar biasa tapi saya hanya manusia biasa yang selalu bergantung pada ALLAH SWT.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Selamat siang teman2 semua, perkenalkan sebelum nya, saya Rini, saya juga mantan penderita fistula ani, saya mau coba share pengalaman sakit saya, mudah2 an bisa membantu teman2 yg sedang berjuang juga dalam penyembuhan penyakit fistula ini, ini sakit yg bener2 bikin depresi, bikin kualitas hidup saya turun, mau aktivitas jadi terganggu gara2 ini panyakit,

    langsung aja jd awal nya saya kena penyakit ini thn 2020 Januari, awal nya saya bab suka sakit, nyeri gitu, trus lama kelamaan ada kayak bisul di sekitar lubang anus saya, saya kira bisul biasa, saya diemin aje sampai bulan maret pecahlah itu bisul, sakit nya luaaar biasa guyss,, sampai nangis aku emoticon-Frown , maklum cewe guys, nanah keluar di celana dalam saya, dan ada sdikit darah juga, saya masih kira ini bisul biasa yg pecah, saya diemkan sampai april kok ga sembuh2, dan hampir tiap hari keluar nanah, duduk juga sakit, mana mesti kerja juga lagi di kantor nahan sakit, dan kebetulan di kantor juga ada yg pernah ngalamin penyakit ini, dia cerita dulu di operasi, tapi gagal operasi nya sampai 3x habis 90 jt an, dan skrg katanya makin parah, karena bekas operasi luka nya banyak infeksi jadi nya, kasian juga sii temen saya sampai resign dari kantor nya....

    dan akhir nya saya mampir ke kaskus untuk mencari informasi mengenai penyakit ini, untuk mencari alternatif penyembuhan tnp operasi, yaa mungkin sudah jalan nya kali ya, saya baca satu postingan yg kasih referensi dokter prawira, katanya banyak pasien beliau yg sembuh dari fistula tanpa operasi, dan yg belum sembuh pun sudah sangat mendingan, at least sudah bisa beraktivitas kembali dengan minim gangguan....singkat cerita saya coba kontek beliau, orang nya baik, ramah dan mau menjawab pertanyaan kita, biasa dokter2 suka pelit informasi, beliau dulu praktek di RS Jakarta, semenjak covid beliau di luar kota, singkat cerita saya ceritakan semua penyakit saya, kemudian dokter nya mengirimkan satu paket obat yg terdiri dari 3 macam obat, untuk 10 hari dosis nya, saya minum, dan sakit saya pun perlahan mulai sembuh, yg biasa nya BAB sakit banget, ini sudah tidak sakit, dan perlahan jaringan2 kulit nya juga mulai numbuh dan menutup, butuh 6 bulan saya akhir nya sembuh, jadi di April saya minum obat untuk 10 hari, kemudian 2 minggu berikut nya saya dikasih obat lagi yg sama untuk dosisi 10 hari lagi, jadi beliau itu sibuk bgt guys, obat nya saya dikirim pakai ekpedisi, total abis 1.2 jt untuk 1 paket obat nya, yaa lumayan murah bagi saya, dari pada saya harus operasi sampai puluhan juta yg belum tentu berhasil jg. ini no WA dokter nya O812 I337 0I27
    mudah2 an kita semua diberi kesembuhan dari penyakit ini...

    BalasHapus